ISTILAH DALAM PERSINYALAN MEKANIK DI KERETA API INDONESIA TERBARU

ISTILAH YANG DIGUNAKAN DALAM PERSINYALAN MEKANIK


Dalam perkeretaapian di Indonesia, kereta api menggunakan dua jenis sistem persinyalan. untuk saat ini, saya akan memposting tentang sinyal mekanik. berikut merupakan istilah-istilah yang digunakan dalam pengoperasian sinyal mekanik:

1.       Peralatan persinyalan adalah fasilitas pendukung operasi yang memberi petunjuk atau isyarat yang berupa warna atau cahaya dengan arti tertentu yang dipasang pada tempat tertentu
2.       Sinyal adalah alat atau perangkat yang digunakan untuk menyampaikan perintah bagi pengaturan perjalanan kereta api dengan peragaan dan atau warna
3.       Tanda adalah isyarat yang berfungsi untuk memberi peringatan atau petunjuk kepada petugas yang mengendalikan pergerakan sarana kereta api
4.       Marka merupakan tanda berupa gambar atau tulisan yang berfungsi sebagai peringatan atau petunjuk tentang kondisi tertentu pada suatu tempat yang terkait dengan perjalanan kereta api
5.       Interlocking merupakan peralatan yang bekerja saling bergantung satu sama lain yang berfungsi untuk membentuk, mengunci, dan mengontrol untuk mengamankan rute kereta api yaitu petak jalan rel yang akan dilalui kereta api
6.       Panel pelayanan adalah perangkat yang menggambarkan tata letak jalur, aspek sinyal dan wesel, serta indicator aspek sinyal, petak blok dan kedudukan wesel yang terpasang di lintas wilyah pengendaliannya untuk mengatur dan mengamankan perjalanan kereta api
7.       Petak blok adalah bagaian dari petak jalan yang dibatasi oleh sinyal masuk dengan sinyal keluar pada suatu stasiun, atau sinyal masuk dengan batas berhenti pada jalur akhir di stasiun akhir, atau sinyal keluar dengan sinyal blok, atau sinyal blok dengan sinyal blok, atau sinyal blok dengan sinyal masuk yang berurutan berikut overlap jika ada sesuai dengan arah perjalanan kereta api
8.       Peralatan blok adalah bagian dari peralatan persinyalan yang digunakan untu menjamin keamanan perjalanan kereta api di petak blok yang bersangkutan
9.       Pesawat blok merupakan perlatan yang bekerja saling bergantung satu sama lain antara dua stasiun dan terkait dengan interlocking mekanik untuk mengunci dan mengamankan rute kereta api di petak jalan rel antar dua stasiun
10.   Peraga sinyal adalah keluaran dari proses interloking system persinyalan, yang berupa cahaya atau kedudukan yang mempunyai arti tertentu
11.   Penggerak wesel adalah peralatan untuk menggerakkan lidah wesel sesuai dengan arah rute yang dikehendaki untuk perjalanan kereta api
12.   Pengunci lidah wesel adalah peralatan yang digunakan untuk mengunci lidah wesel mekanik untuk menjaga agar lidah wesel tidak bergerak pada saat dilewati kereta api
13.   Pendeteksi sarana perkeretaapian adalah peralatan untuk mendeteksi keberadaan sarana pada jalur kereta api baik di emplasemen maupun di petak jalan
14.   Ruang bebas adalah ruang tertentu yang senantiasa bebabs dan tidak mengganggu gerakan kereta api sehingga kereta api dapat berjalan dengan aman
15.   Perkakas hendel adalah perangkat yang digunakan melayani dalam mengatur jalur, sinyal dan wesel, serta indikasi aspek sinyal, petak blok dan kedudukan wesel yang terpasang di wilayah pengendaliannya untuk mengatur dan mengamankan perjalanan kereta api
16.   Rumah sinyal adalah gedung di stasiun tempat perangkat pengaman sinyal mekanik dan tempat pengatur perjalanan kereta api melayani pelayanan di stasiun
17.   Pos P adalah gedung di stasiun tempat perangkat pengaman sinyal mekanik dan tempat pengatur perjalanan kereta api melayani pelayanan di stasiun
18.   Rumah sinyal A adalah gedung tempat perangkat pengaman sinyal mekanik dan tepat petugas pembantu pengatur perjalanan kereta api melayani pelayanan di stasiun besar atau emplasemen panjang yang memerlukan lebih dari satu rumah sinyal diberi huruf A, B, dan C
19.   Hendel sinyal adalah hendel yang digunakan untuk menarik sinyak untuk memberikan semboyan berjalan, berjalan hati-hati
20.   Hendel wesel adalah hendel yang digunakan untuk memancing kedudukan wesel
21.   Hendel kancing adalah hendel yang dihunakan
22.   Aret adalaj alat pembuka pengunci hendel
23.   Kruk adalah tuas penggerak poros
24.   Kenop tekam adalah konsep yang berbeda atas kunci listrik pelayanan harus ditekan
25.   Inductor ialah pembangkitj listrik yang membangkitkan digerakkan dengan putaran menggunakan engkol
26.   Menekan tingkapan adalah kegiatan pelayanannya menekan kenopnya hingga tertenggat sambil memutar inductor sedikitnya 10 putaran
27.   Isyarat adalah semboyan terdengar
28.   Lonceng panggil adalah bel listrik yang dilengkapi dengan plat alamat

29.   Kenop panggil adalah kenop atau tombol yang digunakan memanggil untuk hubungan blok



[ Jika bermanfaat, tolong di share ke teman-temannya yaaa :)) agar semua orang dapat memahami apa itu kereta api dan bisa mencintai kereta api. Terima kasih :)) ]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBUATAN GRAFIK PERJALANA KERETA API (GAPEKA)

PERSYARATAN TEKNIS STASIUN KERETA API