PEMBUATAN GRAFIK PERJALANA KERETA API (GAPEKA)


  • ·         Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, bersilang, bersusulan, dan berhenti yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api

  • ·         Dalam pembuatan Gapeka dapat beberpa istilah yang terkait, yaitu:

1.    Slot          : rencana/program perjalanan kereta api yang dituangkan dalam bentuk garis pada Gapeka
2.    Headway  : selang waktu kereta api datang/berangkat suatu kereta api dengan kereta api berikutnya. Satuan waktu headway adalah menit
3.    Kapasitas jalur kereta api : kemampuan maksimum suatu jalur kereta api untuk dapat menampung sejumlah perjalanan kereta api dalam waktu 24 jam/dalam periode waktu tertentu
4.    Kapasitas stasiun  : kemampuan maksimum suatu stasiu untuk dapat menampung sejumlah perjalanan kereta api dalam waktu 24 jam / dalam periode waktu tertentu
5.    Frekuensi  : jumlah perjalanan kereta api pada suatu jalur kereta api dalam waktu 24 jam / dalam periode waktu tertentu dengan satuan frekuensi kereta api adalah jumlah kereta api dalam satuan waktu
6.    Buku daftar waktu          : buku yang memuat pengaturan perjalanan kereta api reguler dan kereta api fakultatif dari stasiun pemberangkatan sampai stasiun tujuan
7.    Maklumat perjalanan KA (Malka) : perubahan Gapeka yang berlaku dalam periode waktu tertentu
8.    TEM / WAM (Warta Maklumat)  : perubahan Gapeka yang berlaku dalam periode waktu paling lama tidak lebih dari masa berlaku PPK / 1 bulan
·    
  •      Dalam menyusun Gapeka, beberapa tahapan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1.    Pengumpulan data
Data yang dikumpulkan meliputi:
a.    Keandalan prasarana perkeretaapian, seperti kecepatan maks, taspat, headway minimum, kaplin, kapasitas stasiun, beban gandar, jadwal perawatan prasarana
b.    Keandalan sarana perkeretaapian, seperti kecepatan maks sarana dan ketersediaan sarana SO
c.    Lalu lintas perjalanan kereta api eksisting, seperti Gapeka eksisting, malka dan wam dari perubahan Gapeka eksisting, pola operasi KA, data evaluasi Gapeka eksisting, dan data kelambatan KA
d.    Permintaan angkutan penumpang dan barang
2.    Pengolahan data
3.    Penetapan Gapeka
4.    Pemberlakuan Gapeka
5.    Monitoring dan evaluasi Gapeka



lebih lengkapnya dapat mencari PM 35 Tahun 2011 tentang pembuatan Gapeka :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERSYARATAN TEKNIS STASIUN KERETA API

PERAWATAN SARANA PERKERETAAPIAN INDONESIA

ISTILAH DALAM PERSINYALAN MEKANIK DI KERETA API INDONESIA TERBARU